Saturday, 29/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

BPBD Sumedang Upayakan Penanganan Ratusan Pengungsi Korban Longsor

BPBD Sumedang Upayakan Penanganan Ratusan Pengungsi Korban Longsor

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumedang dan BPBD Provinsi Jawa Barat terus melakukan upaya pencarian dan evakuasi korban akibat longsor yang terjadi di lima dusun di Desa Ciherang, Sumedang Selatan, Sumedang Jawa Barat pada Selasa (20/9/2016).  Pencarian juga dibantu TNI, Polri, Palang Merah Indonesia, relawan, masyarakat dan dinas-dinas terkait

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, BPBD dengan mitra kerja telah melakukan pendataan serta pelayanan darurat bagi para korban terdampak. Pendataan itu untuk penyediaan makanan melalui dapur umum, serta kebutuhan dasar lain.

Menurut Sutopo, BPBD Provinsi Jawa Barat telah mendistribusikan bantuan berupa air mineral dan mie instan. Sedangkan Perusahan Air Minum Daerah (PDAM) membantu penyediaan air bersih.”Sementara itu BPBD Sumedang melaporkan saat ini masih terkendala jumlah MCK bagi para pengungsi,” ujar Sutopo melalui keterangan tertulis, Rabu (21/9/2016).

Sutopo menuturkan, bencana longsor telah menimbulkan kerugian material dan korban jiwa. Data sementara dari BPBD sebagai berikut tiga rumah dan satu mushala hancur, serta 200 rumah terdampak di Dusun Ciherang, dua rumah tertimbun di Dusun Cimareme dan 100 orang mengungsi di Dusun Babakan Gunasari.

Sementara itu, tiga orang meninggal dunia, dua lainnya luka ringan, dan satu orang masih dalam pencarian. Korban luka ringan telah dirawat oleh RSU Sumedang. Kurang lebih 300 keluarga di 6 RT terdampak dan 75 keluarga (335 jiwa) mengungsi ke GOR Tajimalela, Sumedang. Lima dusun terdampak bencana di Desa Ciherang antara lain Dusun Ciherang, Ciguling, Singkup, Cimareme, dan Babakan Gunasari.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengirimkan Tim Reaksi Cepat serta memonitor terus menerus upaya tanggap darurat BPBD setempat.”Kami mengimbau masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap ancaman bahaya banjir dan longsor. Potensi bahaya tersebut dapat dipicu oleh curah hujan tinggi dengan periode waktu lama,” ucap Sutopo.

Sumber: Kompas

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 2 months ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar