Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

BNPB, Prediksi Banjir Dan Longsor Akan Terus Meningkat

BNPB, Prediksi Banjir Dan Longsor Akan Terus Meningkat

Badan Nasional Penanggulangan Bencana memperingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terkait bencana banjir dan longsor akhir-akhir ini. BNPB memperkirakan bencana banjir dan longsor akan meningkat dalam beberapa bulan mendatang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Rabu, 21 September 2016, di kantor BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta mengatakan, “Ancaman banjir dan longsor akan semakin meningkat”.

Sutopo menjelaskan, dalam beberapa bulan nanti curah hujan akan berada di atas normal. Penambahan curah hujan terlihat dari fenomena La Nina yang terdeteksi meskipun intensitasnya lemah yaitu di polar negatif Samudera Hindia.  Laut di perairan Indonesia pun masih hangat. Kondisi itu membuat suplai uap air di wilayah Indonesia melimpah, sehingga potensi hujan dengan durasi panjang akan semakin tinggi.

Sutopo memperkirakan, curah hujan pada September-Oktober akan meningkat sampai 200 persen. “Otomatis banjir dan longsor meningkat,” kata dia. Puncak musim hujan itu diperkirakan terjadi pada Januari-Maret 2017.

Melihat kondisi itu, BNPB mengimbau masyarakat, khususnya yang tinggal di daerah rawan bencana untuk waspada. Sutopo menyebut saat ini ada 40,9 juta orang di Indonesia yang tinggal di daerah rawan longsor, dan ada 63,7 juta orang yang tinggal di daerah rawan banjir.

Melihat data statistik, Sutopo mengatakan, longsor adalah bencana paling mematikan yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2012, 2015, dan bencana longsor di Garut dan Sumedang maupun daerah lain, longsor menimbulkan korban jiwa paling banyak dibanding bencana lain. “Jadi kami imbau masyarakat untuk tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan mereka,” kata Sutopo.

Sumber: Tempo

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar