Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Antisipasi Longsor, BPBD Jatim Pasang 64 Alat Pendeteksi Gerakan Tanah

Antisipasi Longsor, BPBD Jatim Pasang 64 Alat Pendeteksi Gerakan Tanah

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur memasang 64 ekstensometer atau alat pendeteksi tanah longsor guna antisipasi bencana dan pengurangan resiko bencana yang kerap terjadi pada tahun 2016 ini.

Menurut Kepala BPBD Jawa Timur Sudarmawan, alat ini memberikan peringatan dini soal tanah longsor saat musim kemarau basah yang terjadi saat ini. “Untuk mengantisipasi tanah longsor seperti di Garut, kami pasang alat ini,” ujarnya kepada Tempo di kantornya, Kamis, 22 September 2016.

Ekstensometer ini merupakan alat perangkat elektronika yang berfungsi mengukur parameter pergeseran tanah. Sensor ini menggunakan potensiometer multiturn sebagai komponen utama, disertai rangkaian penguat dan pengkondisi sinyal. “Alat ini buatan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI),” katanya.

Ekstensometer akan mendeteksi pergerakan tanah, curah hujan, dan sudut kemiringan permukaan tanah. Jika terjadi pergerakan tanah disertai curah hujan tinggi sehingga ada potensi tanah longsor, alat tersebut otomatis membunyikan alarm dengan sirene yang dipasang. “Alat ini bekerja saat ada potensi tanah longsor, jadi bisa diantisipasi masyarakat,” kata Sudarmawan.

Ekstensometer ini akan dipasang di 22 daerah di Jawa Timur yang berpotensi terjadi tanah longsor. Daerah-daerah itu di antaranya Kabupaten Nganjuk, Pacitan, Bondowoso, Kabupaten Kediri, Lumajang, Tulungagung, Kabupaten Pasuruan, Ponorogo, dan Kota Batu.

Sumber: Tempo

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar