Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Jalur Lintas Selatan Pacitan-Trenggalek Longsor

Jalur Lintas Selatan Pacitan-Trenggalek Longsor

Panatauan Tempo mengabarkan, Jalan Lintas Selatan (JLS) wilayah Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Jawa Timur, lumpuh selama sepekan ini. Material tanah longsor masih menutup jalur yang menghubungkan Pacitan-Trenggalek.

Pejabat pembuat komitmen JLS dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) V di Pacitan, Agus Sutanto, saat dihubungi Tempo, Kamis, 22 September 2016 mengatakan, “Untuk membersihkan (longsoran), kami terkendala kondisi cuaca. Hujan deras beberapa kali turun dan menyebabkan longsor susulan”.

Menurut dia, longsor susulan mengakibatkan material dari tebing di samping jalan amblas. Kemudian menutup akses transportasi dengan lebar 7 meter, panjang 100 meter, dan ketebalan 25 sentimeter. “Total material longsor kami perkirakan ada 8.000 kubik,” ujarnya.

Material longsor berupa tanah dan batu kapur itu terus dibuang ke lokasi yang berjarak 100-500 meter dari titik bencana. Proses evakuasi ini dijalankan operator kendaraan berat, yakni satu unit eksavator, satu unit wheel loader, dan lima unit dump truck.

Hingga Kamis siang, Agus melanjutkan, sebagian material longsor berhasil dibuang. Bagian tengah dan samping kiri jalan (dari arah Pacitan) sudah berhasil dibersihkan. Sesuai perkiraan, JLS ruas Pacitan-Hadiwarno itu bisa dilalui kendaraan bermotor kembali besok. “Dengan catatan tidak hujan deras lagi,” ucap Agus.

Sumber: Tempo

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar