Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Menteri Sosial, Korban Banjir Akan Direlokasi Dan Dapat Rumah

Menteri Sosial, Korban Banjir Akan Direlokasi Dan Dapat Rumah

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa siap memfasilitasi kebutuhan rumah baru bagi warga Kabupaten Garut yang menjadi korban banjir. Melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, kata dia, pemerintah akan membangun rumah di tempat aman bagi korban bencana yang kehilangan tempat tinggal.

Khofifah menuturkan relokasi warga di daerah bencana merupakan keinginan para korban sendiri. Mereka mau dipindahkan ke tempat yang lebih aman dan jauh dari risiko banjir. “Saya tanya sendiri dan mereka bilang ingin pindah,” kata Khofifah di Kediri, Jumat, 23 September 2016.

Menurut dia, 382 rumah di Garut terendam air. Sedangkan di Kabupaten Sumedang, empat rumah mengalami nasib serupa. Meski hanya empat rumah yang terendam, tapi 188 penduduk diungsikan di gedung olahraga Kabupaten Sumedang. “Pemerintah tengah mempersiapkan lokasi yang jauh dari ancaman bencana,” katanya.

Khofifah mengimbuhkan seluruh penduduk yang terdampak akan mendapatkan jatah rumah baru dari pemerintah. Relokasi akan dilakukan pemerintah daerah sebagai penyedia lahan, sedangkan pembangunan rumahnya menjadi tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum. “Kemensos akan menanggung isi rumahnya,” kata Khofifah.

Namun, Khofifah tak menjelaskan rinci lokasi pendirian rumah baru dengan alasan menunggu sikap pemerintah daerah dalam penyediaan lahannya. Demikian pula soal besaran anggaran dan apa saja yang akan disediakan kementeriannya dalam rumah itu Khofifah tak menyebutkan. Dia hanya memastikan seluruh warga yang terdampak bencana di Garut dan Sumedang akan dipindahkan ke tempat aman.

Sumber: Tempo

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar