Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Tiga Pendongeng Dampingi Anak Korban Banjir Garut

Tiga Pendongeng Dampingi Anak Korban Banjir Garut

Gerakan Para Pendongeng untuk Kemanusiaan (Geppuk) pekan depan akan menurunkan tiga orang pendongeng ke Garut, Jawa Barat. Aksi kemanusiaan itu untuk mendampingi anak-anak korban banjir bandang yang kini menghuni sejumlah tempat pengungsian. Aksi itu berlangsung Senin-Selasa, 26-27 September 2016.

Relawan gerakan tersebut, Galuh Kencono Wulan, mengatakan anak-anak berada pada situasi yang kacau saat pascabencana. Kondisi anak-anak pun terguncang. “Rumahnya berantakan, sekolahnya juga, harta benda hilang, bahkan ada sanak keluarga yang meninggal atau hilang,” ujarnya, Sabtu, 24 September 2016.

Kondisi seperti itu mendorong perkumpulan pendongeng se-Nusantara untuk beraksi. Mereka mengambil bagian pada tahap pemulihan situasi dengan pendampingan lewat kegiatan mendongeng dan bermain.

Para pendongeng menyiapkan pesan agar anak-anak senantiasa menjaga alam agar terhindar dari ancaman bencana. “Dalam pendampingan ini kami juga ingin menyampaikan pesan agar anak-anak dapat menerima kehendak Tuhan sebagai bagian dari pembentukan karakter yang kuat,” katanya.

Tim saat ini masih berkoordinasi dengan lembaga sosial lain untuk bersinergi di tempat-tempat pengungsian. Sebelumnya, menurut Galuh, aksi serupa mereka lakukan di tempat pengungsian letusan Gunung Sinabung, Aceh, dan berbagai lokasi bencana banjir dan kebakaran di Jakarta.

Staf Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Barat Ridwan menyebutkan, sebaran pengungsi berdasarkan data berada di sembilan titik lokasi. Jumlah total pengungsi sejauh ini tercatat ada 6.019 orang.

Sumber: Tempo

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar