Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

BMKG, Tiga Wilayah Rawan Bencana

BMKG, Tiga Wilayah Rawan Bencana

Bencana banjir dan longsor silih berganti menghampiri Indonesia. Pada bulan September ini banjir bandang di Kabupaten Garut telah menewaskan 33 orang dan hingga saat ini upaya pencarian korban yang hilang masih dilakukan Tim Sar gabungan.

Bahkan seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (25/9/2016), pada musim kemarau masyarakat Kabupaten Sampang, Madura, dikagetkan oleh terjangan banjir kiriman. Hujan deras pada bagian utara Sampang membuat Sungai Kemuning meluap. Akibatnya, lima desa dan tiga kelurahan tergenang banjir.

Ibu Kota Jakarta pun tak luput dari banjir. Puluhan rumah di kawasan Kembangan Utara, Jakarta Barat, hingga Minggu siang, masih terendam banjir setinggi 50 centimeter. Akibatnya warga mengungsi ke sebuah sekolah dasar dengan kondisi seadanya.

Banjir di beberapa daerah di Indonesia ini terjadi karena pergantian musim. Pada bulan September hingga Oktober Indonesia mulai memasuki masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan. Pertukaran musim ini ditandai dengan hujan deras yang disertai angin dan petir.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pulau Jawa bagian tengah hingga selatan, Provinsi Bengkulu dan juga Lampung harus waspada. Sebab, berpotensi sebagai daerah rawan bencana. “Perlu waspada dan berhati-hati. Khususnya kalau sedang terjadi hujan, dapat menghindari daerah-daerah yang berpotensi terjadi genangan air, pohon-pohon yang mudah tumbang dan juga di sekitar papan-papan reklame,” jelas prakirawan cuaca BMKG Eko Hadi Santoso.

Sementara setelah memasuki musim penghujan, curah hujan diprediksi mulai sedikit. Namun intensitasnya lebih lama.

Sumber: Liputan6

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar