Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Akibat Hujan Deras, Tujuh Daerah Di Magelang Di Landa Longsor

Akibat Hujan Deras, Tujuh Daerah Di Magelang Di Landa Longsor

Selama dua hari terakhir Bencana tanah longsor terjadi di beberapa titik di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa akibat bencana tersebut, tetapi sebagian menutup akses jalan desa dan seorang pengendara sepeda motor terluka.

Longsor di Magelang antara lain terjadi di lereng perbukitan Menoreh wilayah Dusun Wonokriyo, Desa Majaksingi, Kecamatan Borobudur. Bencana itu terjadi pada Sabtu (24/9/2019) malam. Material longsor menimpa seorang pengemudi motor hingga korban mengalami luka ringan.

Menurut Kepala Dusun Wonokriyo Sutarjo korban bernama Suratman (25) dari Dusun Ngambar, Desa Sidoarjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo. Korban mengalami luka ringan di kaki kiri karena tertimpa meterial longsor saat melintas di lokasi kejadian.

Sutarjo mengatakan, longsor terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi terjadi di wilayah tersebut sejak Sabtu siang hingga malam hari.

Longsor terjadi di tiga tempat di wilayah tersebut, yakni di Bukit Parangkudo, Tempat Pembuangan Akhir Kanan, dan wilayah RT 2 Dusun Wonokriyo.”Longsor terparah ada di titik Bukit Parangkudo karena tebing setinggi 8 meter dan lebar 4 meter longsor dan menutup kases jalan Jagalan menuju Suroloyo,” kata Sutarjo, Minggu (25/9/2016) sore. Material longsor menutup ruas jalan sepanjang 20 meter dengan ketebalan 2 meter hingga 2,5 meter dan lebar 6 meter. Sutarjo belum bisa memperkirakan total kerugian material akibat bencana ini.

Longsor kembali terjadi pada Minggu hari ini di empat titik di lereng Gunung Merapi wilayah Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, antara pukul 14.45 – 16.47 WIB. Pusat Pengendalian Operasi Badan Penangunggalan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) Kabupaten Magelang mencatat, empat titik longsor itu berada di Dusun Candran, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan.

Longsor pada tebing setinggi 2 meter dan lebar 2 meter dengan ketebalan material longsor sekitar 50 sentimeter menutup akses jalan Candran-Batur. “Di dusun yang sama, tebing setinggi 5 meter dan lebar 3 meter juga longsor hingga material setebal 70 sentimeter menutup jalan antardusun,” kata Didik Wahyu Nugroho, Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Magelang.

Di Dusun Ngagrong, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, longsor terjadi pada tebing setinggi 4 meter dan lebar 4 meter. Kejadian itu menyebabkan material tanah setebal 50 sentimeter menutup akses jalan Dusun Batur dan Ngagrong.”Tidak jauh dari titik ini, tebing setinggi 7 meter dan lebar 6 meter dengan ketebalan longsoran 50 cm juga longsor hingga materialnya menutup akses jalan dusun,” ujar Didik.

Hingga Minggu sore, warga setempat bergotong-royong melakukan pembersihan material longsor hingga jalan bisa dibuka dan dilalui oleh warga.

Menurut Didik, longsor di lereng Merapi terjadi setelah hujan dengan intensitas sedang hingga deras mengguyur sejak pukul 12.00 hingga 15.00 WIB.

BPBD Kabupaten Magelan telah melakukan pemantauan di lokasi-lokasi tersebut dengan menerjunkan tim satgas untuk membantu warga dan berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat.

Sumber: Kompas

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar