Friday, 28/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Waspada Banjir, BPBD Kota Solo Lakukan Penyisiran Bengawan Solo

Waspada Banjir, BPBD Kota Solo Lakukan Penyisiran Bengawan Solo

Hujan deras di wilayah Karisidenan Surakarta membuat ketinggian permukaan air sungai Bengawan Solo mulai naik. Kenaikan muka air sungai tersebut membuat jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo waspada banjir di Kota Solo.

Kepala BPBD Kota Solo, Gatot Sutanto membenarkan bahwa jajaran BPBD Kota Solo sudah melakukan patroli di sekitar bantaran sungai Bengawan Solo. Hal tersebut dilakukan setelah adanya kenaikan tinggi muka air sungai tersebut.

Menurut Gatot, hujan deras di wilayah Kota Solo dan sekitarnya membuat debit air sungai Bengawan meningkat. “Saat ini, ada di level siaga kuning, ketinggian sekitar 7,5 meter,” kata Gatot, Rabu (28/9/2016).

Oleh karena itu, tiga regu BPBD segera terjun ke lokasi wilayah rawan banjir di Kota Solo. Wilayah tersebut adalah Pucangsawit, kawasan Joyotakan dan Kali Sonto. Selain melakukan penyisiran, tim BPBD juga memaksimalkan pompa air di tiga titik pintu air.”Tim yang diterjunkan memantau ketinggian air sungai disepanjang bibir sungai, selain itu juga menyiagakan pompa air,” jelasnya.

Ketinggian air 7,5 meter masih berada di siaga kuning, dan akan berubah menjadi siaga merah apabila ketinggian mencapai 8,5 meter.

Sementara itu, Kepala Divisi Jasa ASA Perum Jasa Tirta I Wilayah Sungai Bengawan Solo, Erwando Rahmadi, melaporkan, kondisi elevasi di waduk Gajah Mungkur saat ini masih aman. Pada Rabu pagi, ketinggian muka air waduk berada di level 130 mdpl.

Sumber: Kompas

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 2 months ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar