Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Banjir Terjang Madiun, Satu Roboh Dan 86 Rumah Terendam

Banjir Terjang Madiun, Satu Roboh Dan 86 Rumah Terendam

Satu rumah roboh dan 86 rumah terendam banjir menyusul hujan deras yang melanda Kabupaten Madiun, Selasa (27/9/2016) malam hingga Rabu (28/9/2016) pagi. Tinggi genangan air yang masuk ke rumah warga dan sejumlah jalan berkisar 10 sentimeter hingga 50 sentimeter.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Madiun, Heri Suyoko, menuturkan 86 rumah yang terendam, 60 di antaranya berada di Desa Tempursari, Kecamatan Wungu, dan sisanya 26 rumah di Desa Bacem, Kecamatan Kebonsari.

Air diperkirakan masuk ke dalam rumah warga sekitar pukul 05.00 WIB akibat luapan sungai di Kecamatan Kare, yang berada di lereng Gunung Wilis. Tak hanya rumah tergenang air, lanjut Heri, satu rumah warga di desa Sobrah, Kecamatan Wungu, milik Jarwo (50) roboh karena atap rumah kayu penyangga sudah lapuk saat hujan deras berlangsung. Tidak ada korban jiwa maupun korban luka. Hanya kerugian material yang diperkirakan sekitar Rp 10 juta.

Selain bencana banjir, lanjut Heri, tebing setinggi lima meter dilaporkan longsor. Peristiwa itu terjadi tepat di belakang rumah milik Supeni di Desa Segulung, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun.”Cuma longsor saja di belakan rumah, tapi tidak menimpa rumah,” ungkapnya.

Terkait peristiwa itu, Heri meminta seluruh warga waspada terhadap bencana banjir dan tanah longsor. Pasalnya diperkirakan curah hujan masih akan tinggi, mulai Agustus hingga November 2016. Apabila ada potensi banjir atau longsor agar segera melapor.

Saat ini, pihak BPBD Kabupaten Madiun telah menyiagakan Tim Reaksi Cepat (TRC) ditempatkan di 15 kecamatan di Kabupaten Madiun.Berdasarkan catatan BPBD Kabupaten Madiun, lanjut Heri, terdapat daerah yang rawan longsor dan banjir saat musim penghujan tiba.

Untuk daerah rawan bencana banjir berada di 34 desa di 8 kecamatan, di antaranya Kecamatan Balerejo, Sawahan, Madiun, Wungu, Geger, Kebonsari, Jiwan, Dagangan. Sementara itu, 18 desa yang rawan longsor berada di lima kecamatan yakni Kecamatan Saradan, Gemarang, Wungu, Kare, dan Dagangan.

Sumber: Kompas

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar