Friday, 28/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Banjir Dan Longsor Landa Wonogiri Akibat Hujan Selama Deras Dua Hari

Banjir Dan Longsor Landa Wonogiri Akibat Hujan Selama Deras Dua Hari

Enam kecamatan di Kabupaten Wonogiri diterjang bencana alam setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut sejak hari Selasa (27/9/2016) hingga Rabu.

Bencana longsor, banjir dan tanah amblas terjadi di sejumlah kecamatan di Wonogiri, Jawa Tengah. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, Rabu (28/9/2016) mengatakan, “Kecamatan yang terkena bencana terdiri dari Kecamatan Jatisrono, Sidoharjo, Paranggupito, Giritontro, Jatiroto dan Kismantoro. Bencana angin ribut, tanah longsor, tanah amblas dan banjir”.

Bambang menambahkan, banjir melanda di Dusun Glagah Ombo, Desa Gendayaan, Kecamatan Paranggupito. Setidaknya 13 rumah terendam banjir dan 57 warga terpaksa mengungi ke tempat lebih aman. Tanah amblas terjadi di Dusun Mbang Ampel, Desa Gendayaan. Rumah milik Wartono (56) amblas sedalam dua meter dengan diameter 4 meter. Kerugian ditaksir kurang lebih Rp 15 juta.

Kemudian longsor terjadi di Desa Setren RT4/ RW 7, Desa Lemahabang, Kecamatan Kismantoro.

Rumah milik Pardi (26) terkena longsor dan mengakibatkan dinding rumah ambrol. Tidak ada korban jiwa dalam persitiwa tersebut karena Pardi dan keluarganya sempat menyelamatkan diri usai mendengar suara gemuruh.

Sementara itu, jajaran Tim SAR, BPBD Wonogiri bersama TNI dan Polri serta warga bergotong royong membersihkan material longsor. Saat ini banjir sudah mulai surut dan warga mulai membersihkan rumah mereka.

Sumber: Kompas

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 2 months ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar