Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Hujan Deras, Ribuan Rumah Di Pasuruan Terendam Banjir

Hujan Deras, Ribuan Rumah Di Pasuruan Terendam Banjir

Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur membuat sejumlah sungai meluap. Akibatnya, sekitar 3.000 rumah yang tersebar di tujuh kecamatan terendam banjir. Selain itu, luapan banjir juga menggenangi ruas jalan pantura Surabaya-Pasuruan hingga membuat kemacetan panjang.

Banjir yang paling parah dirasakan warga Dusun Karang Asem Kelurahan Karangketug Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan dan Desa Tambakrejo Kabupaten Pasuruan yang ketinggian airnya mencapai 1 meter lebih. Bahkan sejumlah jalan penghubung antar kampung tidak bisa dilewati.

Menurut warga setempat, genangan air mulai terlihat menjelang pagi tadi, Selasa (11/10/2012) setelah luapan air Sungai Welang meluap di area perkampungan. “Seperti tahun tahun sebelumnya, banjir sekarang itu setelah semalaman hujan deras dan sungai di sebelah Sungai Welang meluber,” ucap Samsul Arif.

Meski genangan air mencapai satu meter sejumlah warga tidak mengungsi. Mereka merasa banjir seperti ini merupakan hal yang sudah biasa. Mereka hanya menempatkan barang barang elektronik ataupun peralatan lainnya pada tempat yang lebih tinggi sehingga tidak terkena genangan banjir. “Kalau soal barang ya harus dipindah ke tempat yang dhuwur (tinggi) biar tidak terkena air,“ ucapnya.

Sementara dari catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasuruan jumlah rumah yang tergenang banjir sekitar 3.000 rumah di sejumlah titik pada 5 kecamatan dan 2 Kecamatan di Kota Pasuruan. Di antaranya Kecamatan Kraton, Rejoso, Rembang, Winongan, dan Pohjentrek, sisanya di Kecamatan Gadingrejo dan Panggungrejo Kota Pasuruan. Permukiman yang terkena banjir kebanyakan berada di area bantaran sungai. Yakni Sungai Welang, Sungai  Rejoso, dan  Sungai Buk Wedi.

Selain rumah yang terendam, banjir di Pasuruan juga mengakibatkan jalur pantura yang menghubungkan Surabaya-Pasuruan terendam setinggi 50 centimeter. Akibatnya arus lalu lintas mulai pagi hari hingga siang hari tersendat hingga dua kilometer. Untuk mengurangi arus kemacetan, sejumlah polisi dari Satalntas Polres Pasuruan Kota berjajar di jalur pantura tersebut.

Sumber: Kompas

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar