Friday, 28/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Kawasan Pasar Tradisional Polowali Rusak Berat Akibat Terjangan Puting Beliung

Kawasan Pasar Tradisional Polowali Rusak Berat Akibat Terjangan Puting Beliung

Puluhan kios pedagang di pasar tradisional Polewali Mandar, Sulawesi Barat, porak-poranda diterjang angin puting beliung. Kejadian ini berlangsung saat para pedagang sedang sibuk melayani pelanggan, Sabtu (22/10/2016) pagi. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Angin kencang disertai hujan deras yang datang tiba-tiba membuat para pedagang yang kalang kabut tak sempat menyelamatkan barang dagangan mereka. Akibatnya para pedagang mengaku mengalami kerugian material bangunan kios dan barang dagangan yang berhamburan di pasar mencapai jutaan rupiah.

Menurut Nasma, seorang pedagang sembako, angin puting beliung tiba-tiba datang di tengah hujan deras. Para pedagang mengaku tidak sempat menyelamatkan barang dagangangnya karena kejadian begitu cepat. Mereka pun berlarian menyelamatkan diri.

Nasma mengaku ketakutan dan ikut berlarian bersama warga ke tempat terbuka untuk menyelamatkan diri saat kiosnya diterjang puting beliung.“Karena saya ketakutan saya lari sambil teriak histeris. Ada sejumlah pedganag malah jatuh pingsan sebagian karena panik dan ketakutan lainnya juga karena tertimpa reruntuhan bangunan,” ujar Nasma, salah satu pedagang di pasar ini.

Kejadian ini berlangsung selama kurang lebih sepuluh menit. Hampir sebagian kios milik pedagang di pasar baru mengalami kerusakan di bagian atap. Belasan kios di antaranya bahkan rata dengan tanah setelah diterjang angin puting beliung.

Sebagian besar kios yang rusak adalah milik pedagang yang menjual barang sembako dan sayur mayur. Para pedagang langsung berusaha membenahi kios yang hancur agar barang-barang daganan yang tak bisa dievakuasi dan sudah tertipa runtuhan kios bisa terlindungi dari hujan.

Bencana ini merupakan kejadian kesekian kali yang menimpa para pedagang yang terletak di bibir Pantai Bahari, Polewali Mandar, ini.

Sumber: Kompas

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 2 months ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar