Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Perubahan Iklim Di Kutub Utara Akibatkan Cuaca Dingin Ekstrem

Perubahan Iklim Di Kutub Utara Akibatkan Cuaca Dingin Ekstrem

Pemanasan di Kutub Utara mempengaruhi cuaca dingin ekstrem di beberapa bagian dunia, demikian satu studi yang disiarkan daring pada Rabu (26/10) di jurnal Nature Climate Change.

Studi tersebut, yang dilakukan oleh satu tim peneliti internasional, mendapati bahwa penyebab musim dingin parah baru – baru ini di beberapa tempat seperti bagian timur Amerika Serikat dan Inggris, dapat dilacak sampai perubahan alam pada “jet stream”, yang bertambah kuat oleh pemanasan di Kutub Utara.

“Jet stream” terdiri atas rangkaian angin sangat kuat yang menggerakkan sistem cuaca di seluruh dunia. Arus kuat itu ditemukan berada sembilan sampai 16 kilometer di atas permukaan Bumi. Posisi “jet stream” beragam di dalam fluktuasi alamiah lingkungan hidup. Arus itu disebabkan oleh perbedaan temperatur antara massa udara tropis dan massa udara kutub.

Beberapa studi sebelumnya telah memperlihatkan beberapa episode lagi cuaca dingin parah akan menjerumuskan Kutub Utara ke dalam lintang – tengah, sebab “jet stream” jadi bergelombang.”Kita selalu menghadapi tahun – tahun angin jet stream yang bergelombang dan tidak terlalu bergelombang. Tapi dalam satu atau dua dasawarsa belakangan, Kutub Utara yang memanas dapat memperkuat dampak pola gelombang,” kata Profesor Edward Hanna dari University of Sheffield, di dalam siaran pers universitas itu, sebagaimana dikutip Xinhua di Jakarta, Kamis siang. Hanna adalah salah seorang penulis studi itu.

“Ini mungkin telah memberi dampak pada beberapa pola musim dingin ekstrem baru-baru ini di sepanjang dasar laut timur Amerika Serikat, di Asia Timur, dan kadangkala di Inggris,” kata Hanna.

Profesor Hanna juga menyatakan bahwa meningkatnya kemampuan untuk memperkirakan bagaimana perubahan iklim mempengaruhi “jet stream” akan membantu meningkatkan prakiraan lama cuaca musim dingin di beberapa wilayah yang paling padat penduduk di dunia.

Sumber: Antara

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar