Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Ilmuwan Jepang Mendarat Di Pulau Vulkanik Baru

Ilmuwan Jepang Mendarat Di Pulau Vulkanik Baru

Para ilmuwan Jepang mempelajari dari dekat bagaimana pulau-pulau vulkanik terbentuk setelah pekan lalu mereka mendarat di Nishinoshima di tengah Samudera Pasifik. Nishinoshima hanya merupakan gugusan bebatuan yang timbul di tengah Samudera Pasifik hingga dua tahun lalu, ketika letusan spektakuler terjadi dan memuntahkan lava dan abu vulkanik, memperluas ukurannya hingga 12 kali lipat.

Rekaman udara pulau yang terletak 1.000 kilometer (km) di Selatan Tokyo tersebut, menunjukkan bentuk kerucut di tengah pulau yang dikelilingi vegetasi di sekitarnya. Para peneliti dari Kementerian Lingkungan Hidup Jepang yang berenang dari sebuah perahu kecil dalam jarak terdekatnya untuk meminimalisir kontaminasi biologis, adalah orang-orang pertama yang menginjakan kaki di pulau tersebut pada 20 Oktober lalu.

Mereka mengumpulkan batu, tanaman dan sampel serangga serta mengamati kolonisasi pertama pulau oleh gannet bertopeng (sejenis burung laut besar). Pada 2013, letusan yang terjadi di sebelah Nishinoshima yang merupakan sebuah gugusan bebatuan dengan panjang hampir 650 meter dan lebar 200 meter menelan gugusan itu dan tumbuh menjadi 2,7 kilometer persegi, melebihi negara kota Monaco.

Selain penelitian ekologi, tim berharap untuk mengumpulkan sampel dari lava dan abu vulkanik untuk mempelajari lebih lanjut tentang proses pertumbuhan dari sebuah pulau vulkanik. Mereka juga memasang pengamat aktivitas seismik di sekitar pulau tak berpenghuni itu.

Mempelajari gunung berapi merupakan prioritas tinggi bagi Jepang yang terletak di “Ring of Fire” yang berbentuk tapal kuda dari jalur patahan dan gunung berapi di sekitar Samudera Pasifik, demikian Reuters melaporkan.

Sumber: Antara

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar