Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Sembilan Kecamatan Di Sukabumi Tetapkan Tanggap Darurat Bencana

Sembilan Kecamatan Di Sukabumi Tetapkan Tanggap Darurat Bencana

Pemkab Sukabumi telah menetapkan status tanggap darurat bencana banjir dan longsor selama dua minggu untuk penanganan bencana di sembilan kecamatan. Pasalnya, bencana menerjang secara merata di sembilan kecamatan tersebut baik banjir maupun longsor.

Daerah itu yakni Kecamatan Cidolog, Sagaranten, Kalibunder, Curug Kembar, Cibitung, Ciracap, Ciemas, Cidadap, dan Tegalbuleud. ‘’Penetapan tanggap darurat bencana untuk mempercepat penanganan bencana di sembilan kecamatan,’’ terang Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi Andi Kusnadi kepada Republika.co.id Kamis (10/11).

Menurut dia, penetapan tanggap darurat ini bisa diperpanjang jika kondisi di lapangan masih terjadi bencana. Seperti diketahui bencana dalam skala besar melanda selatan Sukabumi dalam beberapa hari terakhir seperti pada Rabu (9/11) terjadi bencana banjir yang melanda Kecamatan Cidolog dan Sagaranten. Dalam peristiwa itu tercatat sebanyak 1.200 unit rumah warga yang terendam banjir dan mengalami kerusakan.

Pada hari yang sama terang Andi, terjadi longsor yang menerjang beberapa titik. Misalnya longsor yang menerjang akses jalan di Kecamatan Sagaranten menuju Cidolog dan jalan Cidolog menuju Tegalbuleud. Andi menuturkan, petugas gabungan telah dikerahkan untuk menangani bencana banjir dan longsor. Terutama, dalam memberikan bantuan kepada korban bencana. Saat ini pun bantuan untuk korban bencana terus mengalir dari berbagai pihak misalnya Palang Merah Indonesia (PMI) dan pihak lainnya.

Camat Cidolog, Nasrudin mengatakan, bencana banjir bandang di wilayahnya hanya merendam permukiman warga dan tidak menimbulkan korban jiwa. Selain rumah terang dia ada delapan unit kendaraan yang terbawa banjir.

Menurut Nasrudin, pada Rabu malam sejumlah rumah warga masih ada yang tergenang banjir dengan ketinggian sekitar 50 sentimeter hingga dua meter. Oleh karena itu sebagian warga terpaksa mengungsi ke tempat lain yang aman. Untuk membantu warga kata Nasrudin, sejumlah bantuan darurat mulai berdatangan ke Cidolog. Namun, akses masuk ke Cidolog sempat menemui kendala karena adanya longsor di jalan Sagaranten-Cidolog. Namun, pada Kamis pagi akses jalan tersebut sudaha bisa dibuka kembali.

Sumber: Republika

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar