Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Dua Rumah Warga di Gunungkidul Rusak Berat Akibat Tertimpa Longsor

Dua Rumah Warga di Gunungkidul Rusak Berat Akibat Tertimpa Longsor

Dua rumah milik warga di Dusun Jelok, Desa Watugajah, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, rusak berat setelah tertimpa material longsoran tebing setinggi sekitar 10 meter. Runtuhnya tebing di Dusun Jelok, Desa Watugajah ini terjadi, setelah diguyur hujan selama dua hari.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Budhi Harjo saat dihubungi, Kamis (10/11/2016) mengatakan “Hujan yang terjadi selama dua hari menyebabkan tebing di Dusun Jelok ambrol dan longsor. Kejadianya Rabu kemarin sekitar 23.00 Wib”.

Budhi menyampaikan, tebing yang ambrol tingginya sekitar 10 meter. Material longsorannya menerjang dua rumah milik warga di Dusun Jelok, Desa Watu Gajah, Kecamatan Gedangsari.”Mengenai rumah tetapi tidak sampai menyebabkan korban jiwa. Rumah mengalami rusak berat,” tegasnya.

Dua rumah yang mengalami rusak berat adalah milik Haryanto (70). Selain tertimpa material, lumpur juga masuk kedalam rumah sehingga tidak bisa ditempati lagi.”Material menerjang dinding rumah. Lumpur juga masuk sampai kedalam rumah,” tandasnya.

Pasca-kejadian longsoran, tim TRC BPBD Gunungkidul, TNI, Polri dan relawan lantas menuju lokasi untuk bergotong-royong membersihkan material dari dalam rumah. Selain itu, BPBD Gunungkidul juga segera memberikan bantuan logistik.”Dua rumah itu dihuni 6 orang dan sudah kami berikan logistik,” ucapnya.

Budhi mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terutama yang berada di daerah tebing. Sebab, potensi hujan deras masih akan terjadi.”Kami sudah dirikan delapan posko, tetapi masyarakat tetap harus meningkatkan kewaspadaan,” pungkasnya.

Sumber: Kompas

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar