Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Gempa kuat menguncang Nias Selatan, masyarakat panik

Gempa dengan kekuatan 5 Skala Richter terjadi di Nias Selatan Sumatera Utara, sebanyak dua kali pada Minggu (17/04) tidak menimbulkan tsunami, jelas Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB. Dalam keterangan tertulis yang diterima BBC Indonesia, BNPB menyebutkan gempa pertama berkekuatan 5 Skala Richter dengan kedalaman 10 kilometer, terjadi pada dini hari sekitarpukul 01.08 WIB, sedangkan gempa kedua dengan kekuatan 5,1 Skala Richter dengan kedalaman 15 km terjadi pada pukul 04.09 WIB. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan gempa tidak berpotensi tsunami.

Pulau Nias merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami.

Pulau Nias merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami.

Pusat gempa di laut di 35-37 km Tenggara dari Kabupaten Nias Selatan, sumber gempa berasal dari jalur subduksi atau pertemuan lempeng tektonik Hindia Australia dan Eurasia,” jelas dia. Sumber gempa yang dangkal membuat masyarakat Nias Selatan merasakan guncangan gempa yang keras selama 15 detik, tetapi belum ada laporan kerusakan bangunan akibat bencana tersebut. “Masyarakat panik dan berhamburan ke luar rumah, belum laporan kerusakan bangunan akibat gempa dan tidak ada korban jiwa,” jelas Sutopo.

Gempa susulan masih dirasakan masyarakat Nias Selatan sampai Minggu pagi. BNPB menyebutkan Kepulauan Nias, Mentawai, Siberut, Simeulue dan pulau-pulau di sebelah Barat Pulau Sumatera merupakan daerah dengan tingkat kerawanan yang tinggi terhadap gempa bumi dan tsunami.

Masyarakat setempat memiliki kearifan lokal dalam menghadapi bencana gempa dan tsunami, tetapi BNPB menyatakan harus dibarengi dengan mitigasi bencana yang cukup memadai.
Pulau Nias pernah diguncang gempa besar pada 28 Maret 2005 lalu, dengan kekuatan 8,7 SR dan sekitar 1.300 orang tewas.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar