Saturday, 29/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Ketua MPR dan Komisi 8 DPR Tinjau Penanganan Bencana Gempa Aceh

MEUREUDU – Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Komisi 8 DPR RI tinjau penanganan bencana gempa Aceh, Minggu (18/12). Peninjauan dilakukan dengan mengunjungi posko tanggap darurat dan lokasi pengungsian serta melihat langsung proses pembersihan puing bangunan di Kabupaten Pidie Jaya.

Ketua MPR Zulkili Hasan mengatakan bahwa tujuan kunjungan kerja ke Aceh adalah untuk melihat langsung pananganan bencana gempa Aceh dan apa saja yang bisa diberi perhatian dan bantuan. Disela kunjungan Ketua MPR berkesempatan memberikan bantuan berupa 400 selimut dan genset.

“Sepanjang keliling Kabupaten Pidie Jaya saya melihat penanganan yang sangat baik dan saya sungguh memberikan apresiasi kepada pemerintah yang sudah mengambil langkah-langkah yang cepat penanganan bencana terutama kepada Presiden Jokowi yang sudah dua kali ke Aceh. Presiden telah memberikan contoh baik bagaimana cepat dan tanggap dalam mengatasi bencana ini. Tak lupa terima kasih kepada TNI, Polri dan BNPB yang sudah cepat dan tanggap dalam mengatasi bencana ini,” ujar Ketua MPR.

Penanganan bencana Aceh dibagi kedalam 8 klaster nasional yaitu klaster pengungsi, ekonomi, pemulihan dini, sarana dan prasarana, pendidikan, kesehatan, logistik dan pencarian dan penyelamatan dimana masing-masing klaster ditunjuk K/L terkait sebagai penannggungjawab.

Giat penanganan bencana hari ini berdasarkan laporan harian satgas SAR dan kesehatan adalah pembersihan puing-puing rumah dan pelayanan kesehatan. Pembersihan puing dilakukan di Desa Prade dan meunasah Desa Umbue Kab. Pidie Jaya sedangkan pelayan kesehatan di Desa Lancang Paru Kab. Pidie Jaya menangani 124 pasien dengan keluhan terbanyak adalah ispa dan gatal-gatal serta 1 orang suspek kusta yang membutukan penanganan khusus.

Sumber: BNPB

Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 2 months ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar