Monday, 7/8/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Pencarian dan Penyelamatan, BNPB: Prioritas Hari Kedua Pascagempa Aceh

MERDEU – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei menyatakan bahwa sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari ini (8/12) masih dilakukan upaya pencarian dan penyelamatan. Willem menambahkan bahwa pencarian dilakukan tiga tim SAR dengan fokus ruko Merdu, Bandar Dua, dan mobile.

“Priortas tanggap darurat sesuai arahan Presiden adalah pencarian dan penyelamatan. Upaya ini dipimpin oleh Basarnas dengan dukungan TNI, Polri, BPBD dan relawan.”

Presiden Jokowi juga meminta BNPB, kementerian/lembaga dan Pemerintah daerah untuk melakukan pendampingan dan pemberian bantuan selama masa tanggap darurat dan pemulihan. Kepala Staf Presiden Teten Masduki mengatakan bahwa Presiden Jokowi meminta pengurusan korban ditangani sebaik-baiknya.

“Presiden juga meminta kebutuhan logistik, obat-obatan dan lain-lainnya di pos pengungsian ditangani secara baik.”

“Besok Presiden Jokowi akan berkunjung ke lokasi bencana untuk memastikan apa yang telah dilakukan dalam penanganan darurat,” kata Teten.

Sementara itu, Kepala BNPB menyampaikan bahwa korban meninggal dunia berjumlah 96 jiwa dengan rincian 96 jiwa di Pidie Jaya, 1 Pidie, dan 2 Bireuen).

“Korban menimggal di Pidie Jaya 84 jiwa, Bireuen 2 dan Pidie 1 sudah diidentifikasi.”

“Luka berat berjumlah 127 jiwa dan luka ringan 462 jiwa,” tambah Willem.

Terkait dengan bantuan korban, Kementerian Sosial memberikan santunan kepada korban meninggal Rp 15 juta/orang dan luka berat maksimal Rp 5 juta/orang.

Korban luka dirujuk di beberapa rumah sakit di Banda Aceh, Sigli, Bireuen, maupun rumah sakit lapangan, sedangkan total pengungsi beejumlah 10.024 jiwa. Mereka tersebar di rumah-rumah sanak saudara dan di 28 titik pos pengungsian.

Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 2 months ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar