Wednesday, 30/8/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

DESTANA MODANGAN MEWAKILI KABUPATEN BLITAR DALAM LOMBA DESA TANGGUH BENCANA TINGKAT JAWA TIMUR TAHUN 2017

WhatsApp Image 2017-08-30 at 15.22.37
WhatsApp Image 2017-08-30 at 15.23.06
WhatsApp Image 2017-08-30 at 15.23.57
WhatsApp Image 2017-08-30 at 15.24.57
WhatsApp Image 2017-08-30 at 15.26.05
WhatsApp Image 2017-08-30 at 15.26.54
WhatsApp Image 2017-08-30 at 15.27.22
WhatsApp Image 2017-08-30 at 15.28.09
WhatsApp Image 2017-08-30 at 15.28.54

Blitar (25/08/17): Waktu menunjukkan pukul 12.25 WIB. Suasana tenang di sekitaran perkebunan kopi Karanganyar tiba-tiba berubah menjadi riuh tatkala sirine EWS (Early Warning System) erupsi Kelud meraung-raung. TaK lama kemudian dari speaker masjidpun  terdengar suara Pak Kades menginformasikan peningkatan status Gunungapi Kelud yang berada di level WASPADA dan warga diinstruksikan untuk mengungsi menuju Tempat Evakuasi Sementara (TES) Desa Modangan. Sontak kondisi yang tenang berubah menjadi ramai. Warga berbondong-bondong keluar rumah bersama anggota keluarga sembari menyelamatkan harta benda masing-masing. Siswa siswi beserta guru SDN 02 Modangan yang bersiap-siap pulang pun berlarian berhamburan keluar kelas dengan melindungi kepala menggunakan tas sekolah. Wisatawan perkebunan berlari menuju TES mengikuti rambu evakuasi yang ada. Seorang kakek nampak tergopoh-gopoh menarik seekor kambing miliknya. Wajahnya nampak semakin pucat tatkala suara dentuman terdengar berulang-ulang. Suara kentongan milik warga yang dipukul bersahutan, jeritan para ibu dan balita, serta masyarakat yang meneriakkan ”Evakuasi….evakuasi…..evakuasi” membuat kondisi semakin mencekam. Gunungapi Kelud kembali erupsi.

Suasana mencekam tersebut adalah gambaran kondisi hari Senin (28/08/2017) lalu di Dusun Karanganyar Timur Desa Modangan Kecamatan Nglegok saat melakukan gladi evakuasi erupsi Gunungapi Kelud. Bukan tanpa alasan, gladi tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat sekaligus mengikuti Lomba Desa Tangguh Bencana Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2017. Desa Modangan yang terletak 9-11 kilometer dari kawah Kelud terpilih untuk mewakili Kabupaten Blitar pada lomba desa tangguh kategori madya. Setelah mendapatkan pendampingan dari BPBD Kabupaten Blitar, Desa Modangan dengan seluruh unsur relawan dan organisasi FPRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana) serta Pemerintah Desa nya dinilai representatif untuk mewakili Kabupaten Blitar di ajang bergengsi se-Provinsi Jawa Timur tersebut.

Kegiatan penilaian lapangan ini merupakan tindak lanjut dari tahap seleksi administrasi. Desa Modangan dinyatakan lolos seleksi administrasi dan dikunjungi oleh Tim Penilai. Tim Penilai sendiri berjumlah 5 (lima) orang. Empat diantaranya berasal dari BPBD Provinsi Jawa Timur. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Tim Penilai lomba destana tahun ini ditambah satu orang dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur.  Tim Penilai yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jawa Timur,  Drs. Bambang Agus Legowo, pada Senin pagi di terima langsung oleh Bapak Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, M.M dan di dampingi Kalaksa BPBD Kabupaten Blitar Drs. Heru Irawan, M.Si , Kepala Bapeda, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan  Asisten Perekonomian dan Pembangunan di Pendopo Ronggo Hadi Negoro. Selanjutnya rombongan Tim Penilai meluncur ke Desa Modangan Kecamatan Nglegok untuk melaksanakan opening ceremony dan serangkaian acara penilaian lapangan. Opening ceremony dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Drs. Miftachuddin, M.M, dan dihadiri oleh undangan yang terdiri dari Forkopimcam Nglegok, FPRB Kabupaten Blitar, FPRB Desa bersaudara (Desa Semen, Desa Karangrejo dan Kelurahan Sutojayan) serta relawan Penanggulangan Bencana dari TAGANA, PAM SWAKARSA, JANGKAR KELUD dan masyarakat Desa Modangan.

Dalam penilaian lomba desa tangguh bencana ini, Tim Penilai mengawali dengan  Penilaian Strategi Perlindungan Kelompok Rentan. Bapak Sulistijo (Kades Modangan), Bapak Daryanto (Ketua FPRB Desa Modangan) beserta Ibu Erna (bidan desa) mulai menceritakan perihal posyandu lansia sebagai salah satu upaya perlindungan kesehatan kepada kelompok rentan. Bertempat di pendopo Desa Modangan nampak para nenek mengikuti senam lansia yang dipandu oleh instruktur. Selanjutnya Tim Penilai melakukan penilaian administratif dokumen ketangguhan yang terdiri dari aspek legislasi, perencanaan, kelembagaan, pendanaan, serta dokumentasi kegiatan pengembangan kapasitas di sekretariat FPRB Desa Modangan. Penilaian kali ini terhitung penilaian paling lama karena Tim Penilai mengkonfrontir antara praktek PRB di lapangan dengan kebijakan pembangunan di desa. Nampak Kepala Desa Modangan, pengurus FPRB, dan relawan desa menunjukkan bukti foto kegiatan, dokumen, struktur pengurus serta catatan proses kepada Tim Penilai.

Strategi Pengelolaan Sumber Daya Alam untuk Pengurangan Risiko Bencana menjadi salah satu indikator DESTANA. Desa Modangan yang telah memiliki ”Kampung Melon” pun tidak kesulitan untuk memenuhi indkator tersebut. Setelah dari Sekretariat FPRB,  Tim Penilai  berkunjung ke ”Kampung Melon”. H. Jali, pendiri ”Kampung Melon” menyambut kedatangan Tim Penilai dengan sangat ramah. Sembari menyuguhkan produk unggulan buah melon beserta hasil olahannya. H. Jali menjelaskan proses pengembangan KM serta kontribusinya dalam mengangkat perekonomian masyarakat setempat serta upaya membangun ketahanan ekonomi untuk mengurangi kerentanan terhadap bencana. Tak hanya penilaian pada aspek ketahanan ekonomi, peran serta Radio Komunitas dalam penyebaran informasi kebencanaan dan bagian dari sistem peringatan dini berbasis masyarakat pun menjadi indikator penilaian DESTANA. Beranjak dr KM, Tim Penilai memasuki ruangan studio siaran Radio LINTAS KELUD FM. Radio komunitas pada frekuensi 107,8 MHz inilah yang biasa mengudara memberikan informasi kebencanaan maupun informasi lainnya kepada masyarakat lokal Desa Modangan.

Sebagai pamungkas dalam rangkaian penilaian lomba tersebut, FPRB dan masyarakat Desa Modangan menyuguhkan gladi evakuasi erupsi Kelud. Gladi berjalan dengan lancar dan mendapatkan apresiasi dari Tim Penilai karena gladi yang melibatkan masyarakat, wisatawan perkebunan, siswa siswi SDN 02 Modangan, FPRB Desa dan relawan desa tersebut tergolong sukses. Praktek peringatan dini berbasis masyarakat, evakuasi korban, pelayanan kesehatan, dapur umum dan trauma healing berhasil dihimpun secara apik dalam gladi tersebut. Akhirnya, kegiatan penilaian ini diakhiri dengan pameran produk unggulan (kerajinan batok kelapa, daur ulang sampah plastik, pameran ikan koi dan produk olahan makanan lokal). Sembari ramah tamah, Tim Penilai memberikan evaluasi atas rangkaian lomba agar kedepan masyarakat mampu berinovasi untuk meningkatkan ketangguhannya. Meskipun perhelatan lomba telah usai, lomba desa tangguh bencana ini bukanlah akhir. Masyarakat Desa Modangan ataupun desa-desa lain di Kabupaten Blitar harus terus berproses meningkatkan ketangguhannya dalam menghadapi bencana. (hlm)

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • DESTANA MODANGAN MEWAKILI KABUPATEN BLITAR DALAM LOMBA DESA TANGGUH BENCANA TINGKAT JAWA TIMUR TAHUN 2017… https://t.co/GVr80qrHtN - https://t.co/GVr80qrHtN 8 hours ago

  • BPBD KABUPATEN BLITAR PARADE SENI BUDAYA MEMPERINGATI HUT RI KE 72 https://t.co/W6lqZofNGc https://t.co/rAtNm6C7zB - https://t.co/W6lqZofNGc 4 days ago

  • PAPARAN LAPORAN HASIL PENILAIAN KABUPATEN BLITAR TANGGUH TAHUN 2017 https://t.co/MHRHdDWfU7 https://t.co/e0eFJM3XGz - https://t.co/MHRHdDWfU7 5 days ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar